Siapa sih yang gak kenal dengan kue pancake? Iya kue puncake merupakan kue yang berasal dari negara barat. Namun di Indonesia sendiri kue pancake juga sangat populer dan banyak digemari masyarakat karena teksturnya yang legit serta citarasanya yang membuat manja lidah. Iya pancake memang menjadi salah satu kue yang banyak ditemukan di Indonesia sebagai jajanan yang banyak digemari.

Pada umumnya, pancake dibuat dari bahan utama yaitu tepung terigu, telur, dan juga susu. Namun saat ini pancake sudah banyak dimodifikasi sedemikian rupa dengan berbagai variasi rasa sehingga semakin lezat. Di Amera dan Kanada, pancake populer sebagai bahan menu sarapan, sedangkan di Eropa, pancake dijadikan sebagai lauk atau makanan penutup. Nah bagi Anda yang ingin menikmati pancake, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah loh. Iya Anda bisa melihat resep membuat pancake dari resepmami.info yang menyajikan berbagai resep kuliner dengan lengkap.

Resep Membuat Pancake Sederhana

Pixabay.com

Pancake merupakan salah satu kue khas barat yang cukup populer di Indonesia. Dengan rasanya yang legit dan begitu lezat, kue yang dibuat dari bahan utama terigu, telur, dan susu ini sangat mudah untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia. Nah bagi Anda yang ingin membuat kue pencake sederhana, Anda bisa mencoba resep pancake sederhana dari resepmami.info.

Nah sebelum membuat pacake sederhana, siapakan dulu bahan-bahannya yang meliputi 2 butir kuning telur, 2 butir putih telur, 33 gram tepung protein rendah, ½ sdt baking powder, vanilla 1 sdt, 23 gram gula, 1 sdm susu cair, sedikit air jeruk nipis, dan air secukupnya. Nah setelah bahan-bahannya sudah siap, silahkan lanjut pada proses memasaknya sebagi berikut:

  1. Langkah pertama yaitu silahkan campur kuning telur dan aduk hingga merata. Tambahkan juga vanila dan aduk hingga merata.
  2. Selanjutnya silahkan masukkan susu dan aduk hingga merata. Masukkan baking powder dan tepung. Selanjutnya silahkan ayak dulu lalu aduk hingga merata.
  3. Panaskan teflon dengan api kecil.
  4. Kocok putih telurnya hingga berbusa, kemudian silahkan masukkan air jeruk nipis dan kocok lagi sebentar kemudian masukkan gula sedikit demi sedikit dan kocok hingga putih telur menjadi kaku.
  5. Masukkan sebagian putih telur ke dalam adonan kuning telur. Selanjutnya silahkan aduk pelan-pelan hingga semuanya merata. Ulangi hingga putih telur habis.
  6. Nah selanjutnya silahkan olesi teflon dengan minyak goreng, masukkan adonan dan tuang hingga 3 tingkat. Kemudian angkat dan masukan air di celah-celah teflon. Selanjutnya silahkan tutup teflon dan tunggu hingga 3 menit. Kemudian silahkan balik dan beri sedikit air disetiap teflon yang kosong. Selanjutnya silahkan masak hingga sekitar 3 menit.

Resep Pancake Saus Cokelat

Pixabay.com

Nah jika Anda bosan dengan kue pancake yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba pancake dengan varasi terbaru yakni pancake saus coklat ala resepmami.info. Iya variasi pancake yang satu ini hadir dengan rasanya yang legit ditambah dengan rasa saus cokelat yang begitu nikmat. Untuk membuat pancake saus cokelat ini, Anda dapat menyiapkan bahan-bahannya diantaranya 200 gram tepung terigu yang tinggi protein, 11 atau 12 sdm gula pasir, ¼ sdt garam, 30 gram margarin, 250 ml susu cair, 2 butir telur. Selain itu siapkan juga bahan-bahan untuk membuat sausnya yang diantaranya adalah susu 150 ml, gula pasir 35 gram, cokelat masak pekat 50 gram, maizena ½ sdt, cokelat bubuk 10 gram, garam 1/8 sdt. Setelah bahan-bahannya siap, lanjut ke proses memasak sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah sedang yang fungsinya adalah untuk mengocok telur.
  2. Kemudian silahkan kocok telur hingga berbusa.
  3. Lelehkan margarin dengan api sedang saja. Disisi lain larutkan juga maizena dengan ½ sdt air.
  4. Kemudian silahkan ayak bahan pancake yang terdiri dari gula pasir, tepung terigu, dan baking powder.
  5. Selanjutnya silahkan tambahkan susu cair dan juga telur yang sudah dicampur sebelumnya secara bertahap.
  6. Tambahkan lelehan margarin dan silahkan diaduk secara perlahan.
  7. Kemudian silahkan panaskan wajan dengan api kecil. Tambahkan juga sedikit margarin.
  8. Kemudian silahkan tuangkan adonan dengan ukuran satu sendok atau sesuai dengan selera sampai berkulit. Nah jangan lupa di balik dan tunggu hingga matang.
  9. Nah setelah semuanya matang, kita beralih untuk membuat saus coklatnya.
  10. Saus dibuat dengan cara memanaskan semua bahan saus dengan api kecil hingga mendidih dan ditambahkan larutan maizena.
  11. Silahkan tunggu hingga sausnya meletup, kemudian silahkan diangkat.
  12. Dan pancake pun sudah siap untuk disajikan.

Nah bagi Anda yang tidak ingin ribet dalam membuat pancake, Anda juga dapat membuat pancake sederhana yang terbuat dari bahan-bahan terigu, gula pasir, baking powder, telur ayam, susu sapi cair, mentega, telur, dan garam. Cara pembuatannya pun cukup sederhana yakni dengan memasukkan semua bahan ke wadah dan aduk secara merata. Panaskan sedikit mentega diatas teflon dan tambahkan minyak sayur. Selanjutnya silahkan masukkan adonan pancake dengan porsi sesuai selera, biarkan hingga berwarna kuning kecoklatan. Dan jika sudah ada gelembungnya, jangan lupa balik adonan agar matang merata.

Cara Membuat Pancake yang Legit dan Mantab
Scroll to top