Kita ketahui bersama kalau bisnis ayam potong saat ini menjadi salah satu bisnis peternakan yang hasilnya cukup menjanjikan. Perlu anda ketahui bahwa permintaan pasar akan daging ayam selalu banyak dan cenderung lebih stabil. Bahkan ketika pada waktu tertentu seperti hari-hari besar, menjelang hari besar keagamaan, dan lainnya permintaan akan daging ayam potong lebih besar.

Sehingga banyak sekali para penjual daging ayam potong karena harganya pun lebih terjangkau dibandingkan dengan daging lainnya. Selain itu penggunaan daging ayam potong juga lebih fleksibel. Apabila anda tertarik ingin menjalankan bisnis ini maka anda harus tahu cara bisnis ayam potong yang benar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Memulai Bisnis Ayam Potong yang Menguntungkan

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa beberapa cara memulai bisnis ayam potong yang maksimal. Sehingga walau sudah banyak persaingan, tetap saja anda akan mendapatkan tempat dihati para konsumen. Penasaran? Berikut ini penjelasannya :

1. Menghitung persiapan yang dibutuhkan

Sebenarnya sama seperti dengan bisnis lainnya, bahwa setiap menjalankan bisnis itu perlu adanya perhitungan modal yang tepat. Hal ini bertujuan agar anda bisa menjalankan bisnis ayam potong ini dengan lancar. Modal utama yang anda butuhkan saat menjalankan bisnis ini adalah pendanaan, lokasi, bibit ayam dan pakan.

Pastikan anda sudah menghitung modal ini dengan tepat agar anda bisa menentukan harga jual ayam dengan memperkirakan jumlah ayam yang dipelihara. Jangan sampai modal yang anda miliki sudah habis sebelum ayam potong siap untuk dijual.

2. Menyiapkan lokasi

Kita ketahui bersama kalau kandang yang anda gunakan untuk ayam potong tidak boleh sembarangan agar hasilnya bisa lebih maksimal. Sehingga selain mencari bibit yang berkualitas anda juga harus menyiapkan tempat yang berkualitas. Pastikan kandang ayam anda sudah ideal, cukup cahaya, dan sirkulasi udara yang sehat.

3. Perawatan secara maksimal

Kalau proses perawatan ayam potong ini memang tidak semudah memelihara ayam kampung. Mengingat ayam potong itu mudah mati mendadak karena stres. Maka dari itu dalam proses pemeliharaan anda harus memperhatikan dengan maksimal. Pada tahap 2 minggu awal anda harus memperhatikan bibit, kemudian perhatikan adaptasi lingkungan, dan pemberian vitamin dan antibiotik agar ayam tetap sehat sampai panen.

4. Memahami harga pasar

Pastikan anda memahami harga ayam di pasar, agar anda bisa bersaing dengan harga pasar. Sehingga anda tidak terlalu mematok harga yang terlalu tinggi. Kalau terlalu tinggi membuat para konsumen akan memilih penjual lainnya. Namun anda juga jangan menjual terlalu rendah karena bisa membuat anda merugi.

Tips Pemasaran Bisnis Ayam Potong Secara Digital

Definisi digital marketing sejatinya merupakan salah satu aktivitas promosi yang dilakukan untuk sebuah bisnis dengan menggunakan media elektronik. Kalau sebelumnya media digital sangat terbatas, namun kini seiring perkembangan zaman, media digital marketing sudah semakin berkembang dengan pesat.

Kini sudah banyak lapisan masyarakat yang sudah mulai banyak menggunakan media sosial sehingga membuat model pemasaran bisnis secara digital ini menjadi sangat populer. Sampai cara lama pun sudah mulai perlahan ditinggalkan dan diganti dengan pemasaran secara digital. Tentunya ini sangat membantu anda dalam memasarkan bisnis ayam potong pada jangkauan yang lebih luas. Sehingga anda bisa memenuhi target penjualan secara maksimal.

Sebagai pelaku bisnis anda tidak boleh ketinggalan zaman, kalau tidak ingin bisnis anda bangkrut. Sama halnya dengan bisnis ayam potong anda kini bisa memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan produk.

1. Membuat konten marketing

Konten marketing merupakan sebuah video yang bisa menarik perhatian masyarakat untuk menjadi seorang konsumen. Dalam membuat konten ini anda harus memenuhi tiga hal yaitu penting, konsisten dan relevan. Tentunya dengan menjalankan bisnis ayam potong maka anda bisa membuat konten yang sesuai dengan dunia peternakan. Selain itu pastikan kalau konten tersebut sangat penting untuk masyarakat sehingga mereka akan menontonnya.

2. Menggunakan sosial media marketing

Selain membuat konten anda juga bisa memanfaatkan sosial media marketing. Jadi anda bisa melakukan promosi bisnis ayam potong anda dengan memanfaatkan platform media sosial. Selain membuat akun bisnis anda juga harus menentukan strategi yang tepat agar proses pemasaran anda bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Setelah anda mengetahui tips pemasaran maka langkah selanjutnya adalah cara memulai. Langkah pertama silahkan menentukan tujuan pemasaran agar anda bisa mengukur tingkat keberhasilan bisnis ayam potong. Setelah menentukan tujuan anda harus menentukan target pasar. Jangan sampai anda memulai menjalankan digital marketing sebelum tahu target pasar. tentunya dengan mengetahui target pasar anda lebih mudah dalam kegiatan promosi, kebutuhan budget dan untuk meningkatkan penjualan.

3. Memilih platform digital marketing

Dalam hal ini anda bisa memilih salah satu platform yang bisa anda gunakan untuk menjangkau konsumen. Tentunya pemilihan yang tepat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis ayam potong anda. Salah satunya anda harus memiliki website agar bisnis ayam potong anda bisa dikenal kalangan luas.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara bisnis ayam potong yang bisa menguntungkan. Tentunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi terutama dalam teknik pemasaran secara digital. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda yang sedang memulai untuk bisnis ayam potong.

Cara Bisnis Ayam Potong yang Menghasilkan Untung yang Maksimal
Scroll to top