Di setiap masa kehamilan, tak sedikit perempuan yang kehilangan nafsu makannya. Hal tersebut biasanya terjadi pada trimester awal kehamilan. Namun jika hal demikian dibiarkan berlarut larut, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan janin. Untuk mengatasi hal tersebut, mari simak cara meningkatkan nafsu makan ibu hamil dalam ulasan berikut.

Mengatasi Nafsu Makan Ibu Hamil Yang Menurun

  1. Mengonsumsi Makanan Dalam Kondisi Dingin

Sebagai informasi, makanan yang panas cenderung mengeluarkan aroma yang lebih menyengat. Hal tersebut dapat membuat sebagian besar ibu hamil merasa mual. Pasalnya, selama masa kehamilan indera penciuman sang ibu akan menjadi lebih kuat. Akibat aroma yang menyengat, ibu hamil akan merasa mual dan kehilangan nafsu makannya.

Agar nafsu makan bumil tetap normal, mulailah mengonsumsi makanan dingin yang mulai kehilangan aroma. Sayangnya, ada beberapa jenis makanan yang justru tidak terasa begitu enak ketika mulai dingin. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengganti menu makanan yang bisa dikonsumsi meski dalam keadaan dingin. Semisal roti isi atau sandwich.

  1. Mengonsumsi Vitamin Prenatal Khusus Ibu Hamil

Agar nafsu makan tetap stabil, anda juga bisa mengonsumsi vitamin prenatal. Namun, sebelumnya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan. Vitamin tersebut nantinya juga akan melengkapi kebutuhan nutrisi ibu dan sang bayi dalam kandungan. Vitamin tersebut tersedia dalam bentuk cair atau tablet.

  1. Membuat Makanan Yang Lebih Bervariasi

Mengonsumsi menu makanan yang sama setiap harinya, tentu akan sangat membosankan. Hal tersebut juga dapat membuat ibu hamil tidak berselera untuk menyantapnya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa membuat menu makan sehari hari lebih bervariasi. Namun, anda juga perlu untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi yang cukup.

Cobalah mengganti menu makanan atau mengganti cara penyajiannya. Misalnya, jika anda diharuskan untuk mengonsumsi sayuran hijau setiap harinya, maka bisa mengganti menu sayuran dalam bentuk jus. Anda juga bisa menambahkan beberapa buah hijau seperti apel, anggur hijau, pir, dan lain lain agar rasanya lebih variatif.

  1. Mencari Alternatif Atau Pengganti Makanan Lain

Agar nafsu makan tetap terkontrol dan stabil, cara meningkatkan nafsu makan ibu hamil bisa dengan mengganti alternatif makanan.  Misalnya, jika anda sudah mulai bosan mengonsumsi daging padahal kaya akan protein, anda bisa menggantinya dengan konsumsi kacang kacangan. Namun, pastikan alternatif tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sama baiknya.

Berbagai cara yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut, bisa anda lakukan untuk mengembalikan nafsu makan. Seperti yang sudah dijelaskan, nafsu makan yang menurun selama kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan anda dan sang buah hati dalam kandungan. Setelah melakukan beberapa cara tersebut, anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan.

 

 

 

 

 

 

 

Bumil Hilang Nafsu Makan? Berikut Cara Meningkatkan Nafsu Makan Ibu Hamil
Scroll to top