Dalam investasi pastinya kita juga sering mendengar bahasa gaul seperti ‘cuan’, saham yang ‘nyangkut’, ‘saham gocap’ dan ‘saham gorengan’. Biasanya kata-kata seperti itu ada di forum saham baik yang ada di grup WA, Telegram, Instagram sampai dengan grup diskusi yang ada di Facebook.

Ada sebutan untuk investor pemula yang dalam bahasa gaulnya ‘newbie’ dan pastinya juga masih bingung dengan istilah-istilah seperti ‘boncos’ yang berarti kerugian investor, HAKA, HAKI dan lain-lain.

Pengertian Investasi Saham

Investasi saham merupakan penanaman modal yang dilakukan oleh badan usaha ataupun seseorang dengan menyertakan sejumlah dana. Lewat instrumen tersebut, kamu juga mempunyai klaim atas aset maupun penghasilan dari perusahaan dan berhak untuk hadir pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Jadi kesimpulannya saat kamu membeli saham pada perusahaan maka kamu juga tak hanya memperoleh keuntungan yang berupa perbedaan harga saham dan dividen saja, namun juga mempunyai andil dalam perusahaan tersebut.

Istilah Gaul Dalam Saham yang Bisa Kamu Gunakan

Untuk para investor pemula yang akan melakukan investasi saham ,tentunya juga harus memahami istilah-istilah dibawah ini menurut situs lingkar berita.

1. (Avg Down) Average Down

Bahasa gaul dari Average Down yaitu Avg Down yang termasuk dalam salah satu dari strategi investasi. Strategi ini digunakan saat investor membeli lagi satu saham seti harganya sedang menurun. Targetnya yaitu untuk mengurangi rata-rata saham tersebut dalam portofolio.

2. Bandar

Untuk para investor yang sudah lama pastinya sudah tak asing lagi dengan kata ‘bandar’. Bandar adalah pihak-pihak dengan modal yang besar dan berpeluang untuk menggerakkan harga saham pada lantai bursa.

Untuk istilah bandar ini memang tidak tertuju untuk suatu institusi maupun lembaga tertentu. Namun istilah bandar juga bisa dipakai untuk suatu perusahaan, sekuritas manajer investasi, suatu emiten, yang menggerakkan harga saham dalam jumlah modal yang besar.

3. Bearish

Bahasa gaul lainnya dalam kamus investasi yaitu Bearish. Istilah ini mengacu pada kecenderungan indeks ataupun harga saham yang menurun.

4. Breakout

Selanjutnya ada Breakout yang masih ada kaitannya dengan analisis teknikal. Istilah ini merupakan pergerakkan indeks atau harga saham yang melewati tingkat support ataupun resistensi saham tertentu pada grafik.

5. Boncos/cut loss

Investor seringkali menggunakan kata ini saat portofolio yang dimilikinya sedang menurun atau minus. Arti boncos ini juga sebagai tindakan investor untuk menjual saham yang dimilikinya di bawah harga beli sehingga menjadi merugi.

6. Bullish

Istilah gaul lainnya yaitu bullish yang merupakan kecenderungan indeks maupun harga saham yang bergerak naik. Istilah yang diambil dari bahasa Inggris ini untuk membandingkan antara kenaikan harga saham dengan cara banteng menyeruduk lawannya.

7. Blue Chip

Istilah blue chip ini merupakan saham unggulan yang diterbitkan oleh perusahaan besar yang memiliki pendapatan stabil serta kapitalisasi pasar yang besar.

Yang termasuk dalam saham blue chip ini antara lain,Unilever Indonesia (UNVR), Bank BCA (BBCA), Bank Mandiri (BMRI), Bank BRI (BBRI)dan HM Sampoerna (HMSP). Istilah untuk saham blue chip lainnya yaitu ‘saham lapis satu’.

8. Cuan

Bagi orang awam istilah cuan ini berarti untung. Namun dalam istilah gaul investasi saham, cuan berarti menjual saham diatas harga beli atau take profit (profit taking). kebalikan dari cuan yaitu boncos.

9. Gorengan

Istilah saham gorengan ini diberikan pada saham dengan kenaikan volume perdagangan harian yang tak wajar. Untuk istilah saham gorengan ini sering dituding sebagai hasil permainan dari bandar.

Bahasa Gaul Dalam Investasi Saham Yang Wajib Diketahui
Scroll to top