Istilah hutan kota memang setiap hari kian dikenal, terutama semenjak beberapa pemerintah daerah menggalakkan program pembangunan nya di tengah kota. Dalam praktek nya, hutan kota menjadi sering dijadikan rujukan nongkrong bagi para kawula muda dan keluarga. Hutan kota memang tidak sepenuhnya sama dengan hutan liar biasanya, melainkan ditambahkan atribut-atribut bangku dan wahana permainan sederhana.

Terlepas dari fungsi sebagai tempat wisata, apa fungsi utama dari hutan kota lainnya? dibawah ini akan dijelaskan fungsi kegunaan penting lainnya:

Menetralkan zat udara

Sebagaimana ciri khas wilayah perkotaan, sisa limbah udara dari pabrik maupun jumlah kendaraan yang berlalu lalang amat banyak dan sangat berpotensi mempengaruhi kesehatan tubuh mereka sendiri. Oleh karenanya, pemerintah berinisiatif menciptakan penyeimbang dengan dibangunnya hutan buatan.

Demi memaksimalkan kebutuhan ini, badan penyelenggara memilih jenis pohon yang cocok untuk memenuhi fungsi tersebut, misalnya pohon berdaun lebar dengan kemampuan mereduksi partikel hingga 30%.

Menyerap karbon monoksida

Pohon merupakan elemen paling baik dalam pengolahan karbon dioksida menjadi oksigen. Oleh karenanya, di wilayah perkotaan yang padat penduduk, kelebihan karbon monoksida harus ditekan sekuat mungkin. caranya dengan menanam pepohonan yang mampu menyerap gas CO hingga kadar 2,2 ton/ha/tahun.

Penahan angin

Fungsi hutan di wilayah perkotaan selanjutnya ialah menahan angin. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar fungsi ini berjalan dengan baik. Pertama, pohon-pohon yang ditanam merupakan jenis pohon berdahan besar sehingga tidak mudah jatuh atau patah. Daunnya tidak mudah ketika diterpa angin, memiliki akar tunggal yang notabene nya lebih kuat mencengkram tanah, serta memliki kerapatan yang ideal, yakni 50%

Peredam kebisingan

Di wilayah metropolitan, kebisingan suara mesin dan manusia bisa beresiko meningkatkan stres, oleh karenanya, hutan kota juga didesain supaya dapat meredam kebisingan. Caranya dengan memilih pepohonan yang memiliki dedaunan rindang.

Peredam bau

Beberapa tanaman yang memiliki kemampuan ini ialah pohon Tanjung dan Cempaka, yang seakan tidak pernah ketinggalan, selalu tersedia di hutan kota.

Demikian penjelasan mengenai hutan kota. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Apa itu hutan kota dan fungsinya
Scroll to top