Cara Membuat Kolam Renang Kecil Sendiri Di Halaman Rumah

Cara membuat kolam renang kecil ini diharapkan menjadi solusi bagi Anda yang sedang merencanakan ketersediaan fasilitas berenang dengan modal minim. Meskipun kecil, bukan berarti kolam tersebut kehilangan fungsinya.

Secara umum, pembuatannya sama saja dengan kolam berukuran besar. Perbedannya hanya terletak pada ukurannya. Hal ini dilandasi oleh keterbatasan lahan serta budget untuk pembuatannya.

Caranya dengan melakukan pengedukan tanah, membuat pondasi untuk dasar dan dinding, serta memasang instalasi pipa untuk sirkulasi air. Sisanya, Anda tinggal melakukan perawatan dengan baik.

Khusus untuk modelnya, ini bisa diintip langsung pada bahasan desain kolam renang minimalis. Di situ, gambaran tentang desain dan ukuran sudah dijabarkan. Anda tinggal menirunya dan membangunnya di dalam rumah.

Pada bahasan ini, kami hanya akan menunjukkan tentang dimensi kolam mini yang ideal. Tapi sebelum mengulasnya, ada baiknya Anda mengetahui manfaat dari kolam renang kecil tersebut.

Manfaat Membuat Kolam Renang Mini

Hampir setiap orang menyukai olahraga air ini. Anda yang hobi berenang memang sangat disarankan untuk membangunnya sendiri di rumah. Tentunya dengan catatan bahwa Anda memiliki area yang bisa dimaksimalkan untuk membangunnya.

Tidak masalah jika kolam yang dibangun berukuran kecil. Karena, bangunan kecil ini juga bermanfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. 1. Sebagai Tempat Latihan

Berenang memang menjadi aktivitas yang mengasikkan. Kemampuan ini juga sangat diperlukan untuk melengkapi keterampilan dalam bertahan hidup. Contohnya bila terjadi musibah seperti Tsunami atau kapal tenggelam.

Sisanya, keterampilan ini juga diperlukan untuk menjadi bagian olahraga ataupun bermain. Misalnya bila ingin menjadi atlit, atau hanya sekedar bermain air di pantai.

Apapun alasannya, Anda perlu melakukan latihan sebelum masuk ke dalam air. Melatih kemampuan berenang ini bisa dilakukan secara bertahap. Salah satu tempatnya ialah kolam renang mini.

Meskipun tidak meminta bantuan instruktur, Anda bisa terus melatihnya. Tentunya tanpa khawatir akan tenggelam. Karena kolam seperti ini terlihat lebih aman.

  1. 2. Digunakan Oleh Anak-Anak

Sebenarnya, kolam renang berukuran mini tidak hanya sebatas untuk anak-anak. Orang dewasa juga bisa memanfaatkannya. Misalnya untuk sekedar bersantai atau melepas keinginan untuk berenang.

Namun yang paling utama, kolam tersebut dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. Setidaknya, kolam yang berukuran kecil jauh lebih aman. Bahkan, Anda bisa bermain bersama anak-anak di waktu kosong untuk menciptakan keakraban dalam keluarga.

  1. 3. Budget Lebih Hemat

Bangunan kolam yang kecil tentu saja tidak memakan biaya yang begitu besar. Anda bisa merealisasikannya dengan budget yang dimiliki. Lebih tepatnya tidak sampai menghabiskan ratusan juta rupiah.

Anda bisa menekan biaya sampai 50% dibanding bila membuat kolam berukuran besar. Bahkan bisa lebih ketika Anda lebih selektif dalam memilih materialnya.

Ukuran Kolam Renang Kecil

Bicara tentang cara membuat kolam renang kecil, ini tidak bisa dilepaskan dari ukuran kolam itu sendiri. Ukurannya memang harus diperhatikan secara detail. Minimal, Anda bisa menikmati kegiatan berenang di kolam tersebut. Dan ada dua hal yang perlu diperhatikan.

  1. 1. Kedalaman Kolam

Poin pertama berkaitan langsung dengan kedalaman kolam. Kedalamannya harus diperhitungkan dengan matang. Setidaknya, anak-anak bisa lebih aman dan Anda juga bisa menikmati kegiatan di kolam renang tersebut.

Mengenai kedalamannya, ada opsi yang bisa dipilih. Opsi pertama ialah dibuat dengan kedalaman sekitar 50 cm. Kolam seperti ini hanya ditujukan untuk kolam bermain.

Sementara opsi kedua ialah kolam dengan kedalaman sekitar 1-1,5 meteran. Kolam ini sudah cukup untuk dijadikan tempat renang yang nyaman. Dan tentunya cukup aman bila dimanfaatkan oleh anak-anak.

Untuk dasar kolam, ini bisa diatur sesuai keinginan. Misalnya membuat kolam dengan kedalaman yang sama secara keseluruhan. Atau, bisa dibuat bagian tengah kolam yang lebih dalam ketimbang bagian bibir kolam.

  1. 2. Dimensi Panjang dan Lebar Kolam

Selain memperhitungkan kedalaman, Anda juga disarankan untuk mengatur dimensi kolam. Ukuran panjang dan lebar kolam harusnya diatur dengan baik.

Dimensinya bisa dibuat dengan ukuran 2 x 2,5 meter. Atau, bisa juga dibuat 3 x 2,5 meteran. Dimensi ini sudah cukup untuk membuat Anda lebih bebas ketika berenang.

Dimensi tersebut disesuaikan dengan ukuran lahan. Dimensinya bisa ditingkatkan jika Anda memiliki lahan lebih luas dan butuh kolam yang super besar.

Intinya, Anda masih bisa berenang bebas di kolam. Kuncinya terletak pada kedalaman dan dimensi kolam. Oleh karenanya, putuskan faktor tersebut, lalu realisasikan cara membuat kolam renang kecil sesuai budget.

Scroll to top