Aspek kesehatan sangatlah perlu diperhatikan bagi ibu hamil. Dengan adanya janin di dalam perutnya maka kesehatan menjadi tanggung jawab lebih. Mengingat dengan adanya janin maka makanan dan minuman harus selalu diperhatikan bagi ibu hamil. Begitu pula dengan beberapa kebiasaan yang akan sedikit berubah. Salah satu contoh kebiasaan yang akan berubah yaitu pola makan. Kebiasaan ini biasanya akan cenderung berubah karena adanya janin di kandungan. Kebiasaan ini biasa disebut dengan nyidam, yaitu pola makan yang random dan menginginkan makanan tertentu.

Salah satu makanan yang dipersoalkan oleh ibu hamil ketika nyidam adalah cokelat. Cokelat sendiri menurut beberapa ahli memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Dengan begitu bahaya atau manfaat pastinya ada,terkhusus lagi apabila dikonsumsi ibu hamil. Berikut manfaat cokelat bagi ibu hamil:

  • Mencegah preklamsia

Preklamsia adalah gangguan kehamilan pada ibu hamil yang menyebabkan tekanan darah tinggi selama masa kehamilan. Hal ini dapat membuat janin pada kandungan ibu hamil mengami gangguan. Namun kandungan theobromin pada cokelat dapat mencegah terjadinya peningkatan tekanan dara.

  • Antioksidan

Selama masa kehamilan, antioksidan sangatlah penting bagi ibu hamil. Dengan kandungan antioksida pada cokelat dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

  • Meningkatkan sistem metabolism

Dalam cokelat juga terkandung beberapa senyawa yang baik untuk metabolisme tubuh seperti zat besi dan magnesium. Dua zat tersebut dapat melindungi ibu hamil dari resiko anemia

Sealain memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil, namun cokelat juga memiliki bahaya jika di konsumsi berlebih diantaranya :

  • Meningkatkan kadar gula

Apabila seorang ibu hamil memiliki riwayat gula atau diabetes sangat tidak dianjurkan memakan cokelat karena cokelat mengandung gula berlebih

  • Janin mengalami obesitas

Dengan mengkonsumsi cokelat berlebih dapat membuat ibu hamil mengalami obesitas. Hal tersebut juga bisa menurub pada janin yang dikandungnya.

  • Membuat alergi

Dalam beberapa kasus memakan cokelat dapat menyebabkan alergi. Bagi ibu hamil yang mengidap alergi seperti ini sangat tiadk dianjurkan untuk mengkonsumsi cokelat.

Manfaat Dan Bahaya Cokelat Bagi Ibu Hamil
Scroll to top