Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Yang Mudah

Orang tua pasti pernah mengalami masa dimana mereka merasa sangat lelah namun semua rasa lelahnya seketika hilang ketika melihat sang buah hati yang semakin tumbuh besar,sehat dan kuat. Oleh sebab itu, pola asuh atau cara mendidik anak usia 3 tahun yang dapat dilakukan adalah memberikan media untuk anak agar anak bisa mengembangkan kreativitasnya. Anak di usia ini memiliki rasa keingintahuan yang besar, sehingga sangat bisa jika orang tua misalnya mengajak anak melihat televisi yang acaranya adalah kartun sambil menunjukkan pada anak hewan apa saja yang ada di dalamnya. Atau memberikan anak buku bergambar hewan-hewan agar anak bisa membedakan hewan satu dengan yang lainnya.

Pola Asuh Anak 3 Tahun

Orang tua juga bisa melakukan cara mendidik anak usia 3 tahun dengan mengajak anak berkomunikasi dengan baik sambil membenarkan cara berbicara anak. Memang anak pada usia ini tergolong usia yang sedang aktif-aktifnya kegiatan yang dilakukan anak. Sehingga orang tua dapat mnegajari anaknya hal-hal yang sederhana. Pembentukan karakter pada anak juga bisa dimulai pada masa ini. Dimana usia ini adalah usia dimana anak sedang suka mengetahui banyak hal baru, mudah diberitahu, dan senang mengalami hal baru. Daya ingat yang kuat juga mempengarhui anak untuk semakin mudah diajari sesuatu. Misalkan anda bisa saja mengajarkan anak tentang ilmu agama yang paling ringan sesuai kemampuan anak. Misalnya dengan membaca doa sebelum makan atau sebelum tidur.

Tips Mudah Didik Anak

Selain itu hal lain yang dapat dilakukan orang tua untuk mendidik anak adalah dengan memberitahu pada anak hal apa saja yang tidak boleh dilakukan karena hal itu tidak baik. Lalu hal apa saja yang harus dilakukan anak ketika bertemu dengan orang lain, misalkan salaman atau sekedar mengucapkan salam. Itu adalah contoh ringan yang dapat dilakukan orang tua untuk mendidik anaknya. Didikan sangat dapat berpengaruh pada mental dan psikologis anak. Anak akan mengikuti apa yang orang tua tawarkan terhadapnya dan apa yang ada di sekitarnya.

Scroll to top