Inspirasi Kombinasi Warna Cat Dapur Agar Tampak Lebih Luas

Dapur dengan tema warna putih masih menjadi pilihan kebanyakan orang pada saat mendesain dapur minimalis. Memang perlu diakui jika warna putih mampu membuat ruangan yang sempit terlihat lebih luas. Namun apakah Anda tidak bosan dengan konsep desain dapur yang itu-itu saja?

Nah, siapa sangka ternyata cat dapur memiliki peranana cukup penting dalam banyak hal. Selain bisa mempercantik interior dapur, pemilihan warna cat dapur yang terpat juga bisa menciptakan ilusi ruangan yang luas untuk dapur minimalis.

Tetapi selain warna cat dapur pada dinding, pastinya setiap detail dalam interior dapur seperti kitchen set juga berpengaruh pada suasana ruangan dapur secara keseluruhan. Artinya sebagai jantung rumah, suasana dapur perlu dipastikan agar terasa nyaman bagi setiap penggunanya.

Tema Warna Putih dengan Tampilan Berbeda

Selama ini kebanyakan masyarakat masih mengandalkan warna putih untuk memberikan kesan luas pada ruangan yang mungil. Termasuk diantaranya pada dapur minimalis. Padahal sepanjang cat dapur diaplikasikan secara tepat, sesungguhnya semua warna netral yang lembut pun cocok digunakan pada dapur minimalis.

Nah, agar interior dapur minimalis terkesan estetik dan luas, Anda bisa memilih cat dapur warna putih dengan tambahan ubin keramik putih glossy sebagai backsplash dapur. Agar dapur dengan tema warna putih tidak terlihat terlalu monoton, variasi aplikasi melalui turunan warna putih bisa Anda coba. Misalnya seperti putih krem atau putih gading.

pexels.com

Tema Dapur Hitam Putih yang Elegan

Manfaatkan warna hitam pada kitchen set dan peralatan dapur seperti kompor tanam yang dikombinasikan dengan warna putih pada dinding dan countertop. Perpaduan dua warna ini oleh kebanyakan orang sering disebut dengan tema monokrom. Bukannya tema monokrom ini kurang cocok diaplikasikan pada dapur minimalis?

Siapa bilang, dengan penataan warna yang tepat, justru dapur mungil Anda semakin terlihat lebih luas. Namun poin penting yang harus diperhatikan pada saat mengapikasikan tema monokrom pada dapur minimalis adalah pencahayaan ruangan yang memadahi dari jendela hingga lighting pada dapur itu sendiri.

Lebih Berani dengan Warna Turquoise dan Merah Menyala

Dapur minimalis dijamin terlihat lebih ceria jika memadukan warna primer sebagai fokus utama ruangan. Misalnmya saja seperti memadukan warna biru hijau atau turquoise pada kitchen set dan kabinet dapur dengan cat dapur berwarna merah jingga pada dinging dan perlengkapan dapur.

Tetapi jangan sampai lupa untuk menambahkan warna netral sebagai transisi antar warna primer pada area dapur lainnya. Dengan permainan warna seperti ini, warna cat pada dapur secara keseluruhan akan tampak lebih berimbang dan juga harmonis. Sehingga tidak terkesan norak.

pexels.com

Sentuhan Alami Hijau dan Kayu

Selain mengangkat konsep dapur dengan tema warna putih, pilihan lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah konsep dapur dengan sentuhan alami hijau dan kayu. Apalagi untuk Anda yang ingin mengangkat konsep dapur yang alami.

Cukup kombinasikan kitchen set dari kayu dengan warna cat dapur hijau tua agar selaras dengan tekstur kayu. Kemudian pilih backsplash dapur dengan warna yang netral, seperti putih dan abu-abu. Tujuannya supa bisa menyatukan kedua elemen utama dapur.

Kombinasi Tema Warna Hangat dan Sejuk

Untuk memperjelas ilusi ruangan yang lebih luas pada dapur minimalis Anda, coba terapkan perpaduan rona warna hangat (warm) dan sejuk (cool). Kontras antara kedua rona warna tersebut justru bisa menghasilkan tampilan yang sangat menakjubkan.

Sementara itu untuk pemilihan warna cat dapur yang hangat bisa memilih warna jingga lembut. Selain itu Anda juga bisa memilih warna bumi lainnya seperti merah, kuning, atau terakota. Lalu pilihan cat dapur yang sejuk bisa warna ungu, biru, maupun hijau.

Untuk menyeimbangkan kedua jenis warna tadi, Anda bisa memilih warna-warna netral seperti putih dan abu-abu.

Memadukan Warna Retro

Pada dasarnya skema warna cat dapur yang memikat terletak pada pemilihan tema dapur yang tepat. Misalnya saja seperti dapur dengan tema warna putih yang dipadukan dengan warna retro pada beberapa aksennya. Mulai dari kontras hijau untuk kesan vintage atau shabby chic yang hangat, pintu pembatas dengan ukiran klasik, hingga aksesoris yang antik.

Artinya, presentasi dapur yang kreatif dengan sekema warna cat dapur yang tepat merupakan kunci utama agar dapur minimalis tampak lebih menarik. Misalnya saja seperti contoh desain dapur yang trendi dan modern dengan tema warna putih yang bisa Anda lihat di FeastHome ini.

 

 

 

 

 

Scroll to top