Harimau Benggala

Satu lagi spesies harimau yang cukup populer di dunia, harimau Benggala. Ilmuwan memiliki dua versi nama ilmiah tentang harimau ini. Pada awalnya, ilmuwan memberikan nama Panthera Tigris Bengalens sebelum akhirnya mengubahnya menjadi Panthera Tigris Tigris. Nama harimau ini sudah mengindikasikan darimana hewan ini berasal. Melihat habitat aslinya, kita bisa menemukannya di sekitar Bangladesh, Buhtan, dan juga hutan belantara yang ada di Nepal. Jika dibandingkan dengan spesies lain, harimau benggala memiliki jumlah yang masih sangat banyak dan hidup bebas di alam liar. Berdasarkan data dari World Wide Fund for Nature, setidaknya ada lebih dari 2.000 harimau benggala yang tersebar di ketiga negara tersebtu.

Jika merunut sejarah di masa lalu, peneliti memprediksi bahwa hewan ini ada di India pada 12.000 tahun yang lalu. Menariknya, ada peningkatan jumlah harimau benggala di India. Secara spesifik, populasi harimau di India pada tahun 2010 berada di angka kurang dari 2.000 ekor. Namun pada tahun 2014, dinyatakan bahwa ada peningkatan populasi hingga mencapai 2.226 ekor di hutan India. Tidak diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab peningkatan populasi harimau ini. Tapi setidaknya, peningkatan tersebut merupakan sebuah indikator yang baik mengingat di beberapa negara lain yang memiliki satwa endemik, justru terjadi penurunan populasi yang sangat banyak. India, Nepal, dan juga Bhutan memang masih memiliki alam yang sangat asri. Bahkan di Bhutan masih banyak sekali hutan tropis yang menjadi habitat bagi banyak hewan lain.

Bagi harimau benggala, kawasan hutan yang masih asri berarti menyimpan lebih banyak sumber makanan. Sebagai hewan karnivora, harimau sering memangsa hewan kecil lain seperti rusa, monyet, babi hutan, dan beberapa hewan yang lain. Dengan adanya kondisi alam yang masih sangat baik, rantai makanan tetap terjaga dan harimau terlindungi dari tangan-tangan jahil manusia. Sebagai hewan yang dianggap sebagai megafauna karismatik di dunia, harimau benggala memang layak mendapatkan tempat tinggal yang asri agar tidak punah seperti subspecies harimau lain di dunia.

Scroll to top