Kaya Akan Serat, Yuk Simak Kandungan Gizi Nanas yang Baik Bagi Tubuh

Nanas merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain kandungan air yang banyak, buah yang satu ini juga kaya akan serat. Buah nanas sering dijadikan sebagai salah makanan saat menjalankan program diet. Tidak hanya itu, buah berwarna kuning ini, ternyata memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Penasaran dengan berbagai kandungan gizi nanas? yuk simak ulasan di bawah ini.

Berbagai Kandungan Gizi dalam Buah Nanas

  1. Vitamin

Buah Nanas kaya akan vitamin. Beberapa vitamin yang terkandung di dalam buah nanas diantaranya Vitamin A, B, dan C. Kandungan vitamin C mencapai 47,8 mg dalam 100 gram buah nanas. Karena kaya akan vitamin, buah nanas dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh dan menyehatkan mata. Mengonsumsi buah nanas juga dapat menjaga kesehatan tulang dan kulit.

  1. Magnesium

Nanas juga mengandung magnesium yang dibutuhkan bagi tubuh. Magnesium merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang. Selain itu, magnesium juga dapat menurunkan tekanan darah, mengatur suhu tubuh dan melakukan detoksifikasi. Bahkan nanas juga dapat mengurangi migrain, insomnia dan depresi. Dalam 100 gram buah nanas, mengandung magnesium sebanyak 12 mg.

  1. Karbohidrat

Kandungan gizi nanas yang tidak kalah penting yaitu karbohidrat. Karbohidrat menjadi sumber energi utama yang dibutuhkan tubuh, yang nantinya digunakan untuk beraktivitas. Dengan asupan karbohidrat yang cukup, maka tubuh anda akan kembali bertenaga sehingga bisa melakukan kegiatan apapun. Selain itu, karbohidrat juga memiliki banyak manfaat yang penting seperti meningkatkan kesehatan jantung, menjaga berat badan serta membantu menjaga massa otot.

  1. Kalium

Kalium merupakan mineral yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Selain itu, kalium juga berfungsi untuk menjaga tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan sakit kepala, gangguan tidur, kram otot, hingga gangguan syaraf. Kandungan kalium di dalam buah nanas cukup tinggi. Mengonsumsi 100 gram buah nanas dapat memenuhi kebutuhan kalium sebanyak 109 mg.

  1. Kaya Serat

Buah nanas juga mengandung serat yang cukup tinggi, dimana dalam 100 gramnya terdapat 0,6 gram serat. Fungsi serat yaitu dapat membantu meningkatkan berat dan ukuran feses, serta melunakkan teksturnya. Kondisi ini akan membuat BAB menjadi lancar, sehingga nanas sangat cocok untuk mengatasi sembelit. Selain itu, kandungan gizi nanas tersebut juga dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, sehingga dapat menyehatkan jantung.

Selain beberapa kandungan gizi di atas, nanas juga kaya akan kalsium dan zat zat yang lain seperti fosfor dan natrium. Mengkonsumsi nanas secara rutin juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi dan menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi nanas dengan mengkonsumsi secara langsung, dalam bentuk jus maupun olahan nanas yang lainnya.

Scroll to top