7 Tips Memilih Jasa Ekspedisi Surabaya Bontang Terbaik

Kemajuan teknologi dan transportasi memberikan dampak kemudahan cara mengirim barang antar wilayah. Apalagi saat ini banyak jasa ekspedisi yang menawarkan pengiriman berbagai jenis barang antar pulau seperti dari Surabaya ke Bontang. Namun, pemilihan jasa ekspedisi harus dilakukan dengan tepat, agar barang bisa sampai tepat waktu sesuai dengan kondisi yang baik. Berikut ini cara memilih jasa ekspedisi Surabaya Bontang yang aman dan terpercaya.

7 Cara Memilih Jasa Pengiriman Terbaik

  1. Mencari Informasi Mengenai Jasa Ekspedisi

Cara pertama untuk mengetahui jasa pengiriman terbaik yaitu dengan mencari informasi tentang perusahaan tersebut terlebih dahulu. Tentunya hal ini sangat penting dilakukan, untuk mengetahui kualitas dari jasa pengiriman tersebut. Jangan sampai anda memilih jasa ekspedisi yang tidak bertanggung jawab, sehingga keberadaan barang yang dikirim akhirnya tidak jelas.

Teknologi saat ini sangat mendukung untuk mencari informasi secara online. Biasanya perusahaan yang besar dan terpercaya memiliki website yang menjelaskan tentang perusahaan tersebut, berbagai layanan yang ditawarkan serta tarif pengiriman barang ke suatu wilayah. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah memilih  jasa ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mempertimbangkan Reputasi Perusahaan

Anda juga harus mempertimbangkan kredibilitas perusahaan untuk memastikan kualitasnya. Reputasi perusahaan bisa dilihat dari lama tidaknya perusahaan berdiri. Umumnya, perusahaan yang sudah lama memiliki kredibilitas yang baik dan terpercaya. Selain itu, anda juga perlu mencari tahu apakah ada komplain dari pelanggan ketika mengirim barang melalui jasa ekspedisi Surabaya Bontang tersebut dan apakah komplain ditangani dengan baik atau tidak.

Lihatlah beberapa testimoni mengenai pelanggan yang sebelumnya sudah menggunakan jasa ekspedisi tersebut. Semakin baik komentar yang diberikan, maka semakin baik kualitas yang diberikan. Untuk memastikan jasa ekspedisi aman digunakan, anda perlu mengunjungi kantor perusahaan tersebut. Apalagi jika lokasi kantornya tidak jauh dengan tempat anda. Atau cukup memastikan bahwa alamat yang tercantum di website perusahaan bisa dilihat melalui google maps.

  1. Kecepatan Pengiriman Barang

Anda juga perlu mengetahui apakah perusahaan tersebut bisa mengirim dengan cepat atau tidak. Apalagi jika barang yang dikirim adalah barang yang ditunggu tunggu pembeli sejak lama. Pengiriman barang yang terhambat bisa menyebabkan kepercayaan pelanggan kepada anda menurun. Untuk itu, anda harus memastikan bahwa barang bisa sampai tepat waktu dengan melihat update informasi keberadaan barang saat dalam proses pengiriman.

Akan lebih baik jika jasa ekspedisi Surabaya Bontang memberikan kemudahan mengecek nomor resi secara online melalui whatsapp. Dengan begitu, anda tahu jika barang sudah dikirim atau melihat kondisi barang saat proses pengiriman. Selain itu, adanya beberapa nomor customer service akan memudahkan anda untuk mengetahui status pengiriman.

  1. Harga yang Masuk Akal

Ketika memilih jasa ekspedisi barang, mungkin anda mempertimbangkan berapa harga pengiriman setiap satu kilogram. Ongkos kirim yang lebih murah memang dapat menghemat biaya pengeluaran untuk pengiriman barang. Karena beberapa jasa juga memberikan pelayanan packing barang dengan biaya yang berbeda. Namun, anda juga harus memperhatikan bahwa harga yang ditetapkan masih berada pada kisaran yang normal.

Jika menemui jasa pengiriman yang memberikan harga terlalu murah, maka jangan langsung memilihnya. Pastikan dulu apakah benar benar memberikan pelayanan yang baik. Hal yang perlu dikhawatirkan yaitu, pengiriman yang murah namun perusahaan ekspedisi Surabaya Bontang tidak mau bertanggung jawab ketika barang tidak sampai kepada orang yang anda tuju. Atau bisa jadi proses pengiriman yang lama dan tidak tepat waktu.

  1. Layanan Perusahaan

Karena pengiriman barang anda antar pulau, maka pastikan bahwa layanan yang diberikan dapat mendukung pengiriman barang dengan baik. Perusahaan ekspedisi yang sudah besar dan terpercaya biasanya menyediakan dua opsi pengiriman barang beda pulau, yaitu lewat jalur udara dan lewat jalur laut. Jika anda ingin mengirim barang secara cepat, maka pilihan yang tepat yaitu pengiriman barang melalui jalur udara.

Namun, perlu diketahui bahwa pengiriman barang lewat jalur udara membutuhkan biaya yang lebih besar. Selain itu, barang yang bisa dikirim juga lebih terbatas. Sedangkan jika ekspedisi lewat jalur laut, anda bisa mengirim berbagai jenis barang bahkan motor sekalipun. Tidak hanya itu, jalur laut juga memungkinkan pengiriman barang dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan jalur udara.

  1. Menyediakan Door to Door Service

Beberapa masalah pengiriman barang juga meliputi barang yang terlalu banyak, sehingga anda kesulitan mengirimnya ke alamat jasa ekspedisi tersebut. Lokasi rumah yang jauh dengan kantor ekspedisi  juga menyebabkan pengiriman ke kantor membutuhkan waktu yang lama, sedangkan anda termasuk orang yang cukup sibuk. Hal ini dapat diatasi dengan memilih jasa ekspedisi Surabaya Bontang yang menyediakan door to door.

Selain kemudahan yang didapatkan oleh pengirim, penerima juga tidak perlu mengambil barang di kantor cabang ekspedisi tersebut. Apalagi jika tidak ada tracking, sehingga penerima tidak mengetahui jika barangnya sudah sampai, dan pihak kurir tidak mengabarinya. Namun, pastikan bahwa nomor dan alamat penerima yang diberikan kepada jasa ekspedisi sudah sesuai sehingga barang bisa lebih cepat sampai.

  1. Memberikan Jaminan Keamanan

Mungkin tidak menjadi masalah jika barang yang dikirim bukan barang yang mudah rusak atau terlalu berharga. Namun, bagaimana yang dikirim adalah barang elektronik atau barang yang mudah pecah. Belum lagi jika barang tersebut memiliki nilai di atas Rp 1 juta. Tentunya anda harus memastikan bahwa barang tersebut benar benar aman jika dikirim melalui jasa ekspedisi.

Sebaiknya pilihlah jasa ekspedisi yang memberikan jaminan asuransi untuk pengiriman barang berharga. Selain itu, pastikan juga bahwa perusahaan tersebut memberikan layanan asuransi yang bagus. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir jika barang yang dikirim rusak, hilang atau salah kirim. Karena jasa ekspedisi Surabaya Bontang, akan bertanggung jawab untuk mengganti barang tersebut.

Itulah beberapa tips memilih jasa ekspedisi terbaik untuk pengiriman barang dari Surabaya ke Bontang. Akan lebih mudah lagi jika anda memilih jasa ekspedisi yang tidak mempersulit dari segi berat barang yang dikirim. Beberapa perusahaan mengharuskan barang yang dikirim dengan minimal berat tertentu. Jika barang yang anda kirim tidak banyak dan terlalu berat, anda bisa memilih jasa ekspedisi yang menetapkan minimal berat barang yang dikirim hanya 30 kg saja.

Scroll to top